Daftar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Online

Beberapa bulan yang lalu, saya dapat kabar kalau ORARI Daerah Jakarta (ODJ) berencana mengadakan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) tanggal 5 Agustus 2018. UNAR ini adalah salah satu persyaratan untuk mendapatkan Ijin Amatir Radio (IAR), sebuah ijin untuk mengoperasikan perangkat radio di frekuensi radio amatir.

Setelah menelpon ke ORARI Daerah Jakarta untuk syarat-syarat ikut ujian, ternyata dapat kabar kalau pendaftaran UNAR sekarang diurus langsung oleh Balai Monitor Dirjen SDPPI (BALMON). Dari website Dirjen SDPPI saya mendapatkan nomor telepon BALMON Jakarta. Saya disambungkan dengan Bapak Seno yang bertanggung jawab untuk pengurusan UNAR dan IAR.

Pak Seno menjelaskan kalau sekarang pendaftaran UNAR sudah bisa dilakukan secara online. Puji Tuhan, karena kalau harus ke BALMON, jaraknya cukup jauh. Berikut penjelasan dari Pak Seno tentang cara pendaftaran UNAR online:

  1. Syaratnya adalah memiliki alamat surel (email), softcopy pasfoto dengan latar belakang berwarna merah, dan softcopy KTP.
  2. Mendaftar melalui website: http://iar-ikrap.postel.go.id/
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000, dibayarkan dengan cara transfer ke nomor rekening yang didapat setelah mendaftar melalui website diatas.
  4. Jadwal UNAR di Jakarta adalah tanggal 5 Agustus 2018.

Rencana pendaftaran UNAR dan pengurusan IAR secara online memang sudah diwacanakan sejak lama. Dan apabila pendaftaran UNAR dan IAR sudah bisa dilakukan secara online, semoga hal ini bisa membawa kemajuan untuk radio amatir Indonesia.

Nanti malam saya akan mencoba website tersebut untuk ikut UNAR. Nantikan update selanjutnya.

Catatan: Tulisan ini sudah diperbaharui tanggal 29 Mei 2019. Panduan pendaftaran UNAR 2019 sudah ditulis dalam tautan ini. Mohon pertanyaan dan komentar bisa diberikan di tulisan yang baru.

22 pemikiran pada “Daftar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Online

  1. saya ingin mendaftar ujian amatir.saya coba mendaftar melalui on line berkali gagal terus mohon petunjuk agar saya dapat dengan mudah mendaftar kan ujian amatir untuk tanggal 5 agustus

  2. Untuk daerah yogyakarta pendaftaran secara online juga,untuk tepat tgl ujian untuk yogyakarta 12 Agustus 2018 betul?

  3. Saya punya keinginan utk dapat masuk sebagai ORARI , yang saya mau tanyakan ,apakah bisa via online mengikuti ujian masuk ORARI. Mohon minta penjelasan selanjutnya . Terima kasih Bapak pengurus ORARI.

  4. kami mengharapkan utk perpanjangan IAR dan KTA bisa juga online biar lebih cepat

    1. Setahu saya peraturan menterinya lagi digodok. Mudah-mudahan bisa online juga untuk perpanjangan IAR. Kalau KTA mungkin bisa disampaikan ke ORARI pusat.

  5. Kemajuan Orari saat ini cukup baek.dan , juga kerja sama dengan Dunia pendidikan , serta pendukung bencana seluruh indonesia baek , kota , desa , maupon Daerah terpencil sekalipon .. Dunia makin maju ,ORARI tetap eksis
    Melayani masyarakat , bahkan merasa terpanggil dng melakukan tindakan bantuan komonikasi , di kerjakan tanpa pampreh , akir kata jaya Orari …

  6. Saya sdh ikut unar bulan mei 2018 tahun lalu, tapi sampai saat ini th 2018 bulan februari…msih belum keluar callsign, IAR dan KTA, kok bisa begitu lama ya?

    1. Kalau boleh tau di ORDA mana? Saat ini kayaknya hampir semua IAR dan KTA yangikut ujian 2018 sudah keluar. Mungkin boleh di cek di ORDA?

  7. Saya penduduk Deli Serdang, apakah saya bisa ikut uair online di daerah yg lain?

    1. Bisa pak. Setelah lulus UNAR untuk pendaftaran IAR dilakukan secara online, dan ORARI harus sesuai KTP

  8. Saya Ujian Amatir Radio Bali Tahun 2017, dan memperoleh Alokasi dari Orda Bali, namun hingga sekarang belum mengantongi IAR, sementara teman yg lain angkatan kami ada yg sudah mengantonginya, kami yg belum :
    1. I Wayan Putu Widyanata (YD9BUL)
    2. I Made Putra Widyartha (YD9DKL)
    3. I Nengah Adi Yasa, SE (YD9ADZ)
    mohon kiranya dibantu, segala tahapan dan prosedur sudah kami tempuh, terima kasih dan salam sejahtera

  9. Saya cek di situs https://iar-ikrap.postel.go.id/, YD9ADZ udah ada IAR-nya. Sementara yang lain data tidak ditemukan. Cuma nama YD9ADZ kok beda ya dengan data di atas?

    Mungkin coba ditanyakan ke lokal-nya lagi, sambil disertakan kuitansi pembayaran?

    1. Saya sudah koordinasi dgn pihak Orari Lokal Karangasem dan Orda Bali, dulu Nengah Adiyasa, SE dapat Alokasi YD9ADZ namun keduluan d ambil sistem, saya tanya katanya file masih nyangkut d Orda Bali, sekarang sudah d berangkatkan ke Orpus guna pendataan dan validasi, gimana kalau Alokasi saya YD9BUL (I Wayan Putu Widyanata) dan YD9DKL (I Made Putra Widyartha) juga kedahuluan d ambil sistem kayak Nengah Adiyasa (YD9ADZ), berarti Link Orari dalgn SDPPI belum nyambung, kami susah payah, ikut Unar 2017 dan dapat Alokasi dgn biaya, apakah kami akan Unar lagi?, Waduh betapa kacaunya sistem saat transisi ini, maaf dan terima kasih atas perhatiannya
      Salam sejahtera dan mohon dibantu

    1. Untuk tanda kelulusan UNAR namanya Surat Kecakapan Amatir Radio (SKAR). Ini sudah termasuk biaya UNAR. Tapi hanya SKAR belum artinya mendapatkan callsign.

      Callsign didapatkan dari Ijin Amatir Radio (IAR). Ini ada biayanya lagi.

Komentar ditutup.